18 Truths

18 Truths

Ujian Nasional gerakan untuk menyatukan rakyat indonesia sering di sebut nasionalis, sedangkan upaya untuk menyesuaikan paham agama islam dengan perkembangan dan yang ditimbulkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi disebut….

gerakan untuk menyatukan rakyat indonesia sering di sebut nasionalis, sedangkan upaya untuk menyesuaikan paham agama islam dengan perkembangan dan yang ditimbulkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi disebut….

Nasionalisme merupakan gerakan yang dimaksudkan untuk menyatukan rakyat indonesia. Sedangkan tindakan untuk menyesuaikan paham agama islam dengan perkembangan yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi disebut pembaruan islam.

Pembahasan

Gerakan Pembaruan Islam adalah upaya mengubah praktik keagamaan Islam secara individu atau kelompok, dengan menggunakan pengetahuan dan pengalaman baru pada  waktu atau situasi tertentu. Ide pembaruan di Indonesia lahir pada abad ke-20 oleh seseorang yang awalnya belajar di Mekkah. Tokoh-tokoh tersebut antara lain  Ahmad Dahlan (Muhammadiyah) dan K.H. Hasyim Asy`ari (Nahdlatul Ulama), Ahmad Surkati (Al-Irshad), Zamzam (Persis). Latar belakang ide update di Indonesia adalah adanya ide update di luar Indonesia. Gerakan kebangkitan Islam tidak memiliki bentuk atau pola yang sama, tetapi memiliki kepribadian yang sangat berbeda dan arah yang beragam. Gerakan reformasi Islam abad ke-20 tidak muncul secara tiba-tiba, namun tidak mungkin lepas dari reformasi sebelumnya. Seperti  abad ke-17 dan ke-18, abad ke-17 dan ke-18 dikatakan sebagai basis reformasi di abad ke-20.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentangpembaruan islam, pada: https://brainly.co.id/tugas/15940285

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]